Obat Mengandung Lemak Babi

LEMAK BABI, ternyata tidak hanya terkandung di beberapa produk makanan yang beredar di pasaran. Pada jenis obat-obatan, ternyata ada juga yang mengandung lemak babi.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan menemukan sejumlah obat-obatan yang beredar bebas di apotek di Medan mengandung lemak babi. Namun MUI tidak bersedia merinci jenis obat apa saja yang mengandung lemak babi tersebut.

“Obat-obatan yang mengandung lemak babi tersebut adalah bagian pembungkus atau selongsong kapsul obat-obatan,” katakan Ketua MUI Medan Muhammad Hatta kepada wartawan di kantornya, Jl. Nusantara Medan, Selasa (21/10).

Hatta menambahkan, penemuan obat-obatan mengandung lemak babi ini berdasarkan hasil penelitian Lembaga Pengawas Peredaran Obat dan Makanan (LPPOM) MUI Medan.

“Itu pernyataan dari Direktur LPPOM MUI Dr Aznan Lelo yang juga merupakan Farmakolog Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FKUSU). Hasil penelitian ini dijadikan referensi dalam menyosialisasikan produk-produk yang halal,” katanya.

Hatta menambahkan, dari hasil penelitian itu, Aznan Lelo menyatakan bahwa hasil penelitian yang dilakukannya, 80 persen obat-obat impor yang menggunakan cangkang atau pelindung seperti kapsul tersebut mengandung babi. “Makanya diharamkan,” kata Hatta.

Meski demikian obat-obatan buatan dari dalam negeri, seperti obat generik, kata Hatta, tidak menutup kemungkinan juga mengandung unsur haram. Namun, dia menolak membeberkan merek-merek produk yang dikatakannya haram untuk dikonsumsi. Dengan alasan akan terjadinya gejolak jika nantinya nama-nama obat tersebut dipublikasikan.

Ditegaskan Hatta, obat yang mengandung babi, haram dikonsumsi umat Islam. Sayangnya, Hatta tidak menyebutkan obat jenis apa saja yang mengadung lemak babi dan beredar bebas di sejumlah apotek di Medan.

“Jadi kita imbau kepada masyarakat untuk berhati-hati membeli obat atau suplemen. Teliti dulu sebelum membeli. Sejumlah obat tidak halal karena mengandung babi,” sebut Hatta.

Hatta mengaku, MUI Medan belum dapat bersikap lebih jauh tentang keberadaan obat-obatan mengandung lemak babi ini, karena Undang-undang Sertifikasi Halal belum disahkan Komisi VIII DPR RI. “Namun kita sudah serahkan penemuan kita ke Balai Pengawas Obat-obatan dan Makanan Sumut,” kata Hatta.

Peneliti dari Lembaga Pengawas Peredaran Obat dan Makanan (LPPOM) MUI Medan Prof. Aznan Lelo mengatakan, kandungan babi tidak hanya ditemukan pada obat-obatan, namun sejumlah makanan dan minuman tidak tertutup kemungkinan mengandung unsur yang haram.

“Masyarakat sebaiknya jeli melihat makanan dan minuman. Karena kandungan babi tidak hanya pada obat-obatan. Pada kosmetik juga ditemukan,” sebut Aznan Lelo.

Sebelumnya, Kepala Badan Besar Pemeriksaan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan Supriyanto mengatakan, tidak mengetahui adanya temuan MUI tentang kandungan lemak babi dalam kapsul obat.

Hal ini disebabkan pihaknya tidak ada menemukan kandungan yang dimaksud. “Kita tidak pernah mendapatkan obat yang mengandung lemak babi. Namun untuk membuktikan dugaan ini BBPOM harus tahu nama dan merek obatnya,” katanya.

Dikatakannya, unsur gelatin yang ada pada obat kapsul bemacam-macam. Ada terbuat dari unsur lemak sapi, rumput laut, dan juga lemak babi. “Obat yang ada di Indonesia diproduksi dalam negeri, meskipun bahan kimianya berasal dari luar,” katanya.(red)

Sumber : http://unthe.wordpress.com

About these ads

~ by evisyari on October 22, 2008.

2 Responses to “Obat Mengandung Lemak Babi”

  1. Mui mestinya bertanggung jawab dalam memberikan pernyataan adanya kandungan Babi pada obat… gimana yah MUI bisa tahu..
    Kalau MUI bisa asal membuat pernyataan, wah… apalah arti MUI.

  2. MUI seharusnya bisa bersikap jelas…disebutka aja merknya,,bila ndak ada kejelasan spt ini lantas obat yang mana yang mau digunakan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 102 other followers

%d bloggers like this: