3 Metode Dasar Mempertajam Daya Ingat

Ingat lagu Should auld acquintance be forgot? Lagu yang identik dengan perayaan tahun baru ini, seakan menyentil kita tentang kemungkinan melupakan sebuah kejadian atau seseorang seiring waktu berlalu.
Sebenarnya hal itu tak perlu terjadi, jika kita tahu cara jitu mempertahankan daya ingat. Beberapa penelitian yang telah dilakukan di luar negeri dapat menjadi panduan.

Makanan bergizi
Peneliti dari Belanda menemukan bahwa brokoli dan jenis buah beri mengandung hormon alami yang mampu memperbaiki fungsi memori. Kesimpulan ini diambil setelah 394 perempuan yang menjadi responden penelitian, mengalami peningkatan memori sebanyak 49%. Mereka mengonsumsi 1 g beri dan 1 g brokoli setiap hari.

Membatasi alkohol

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Wisconsin – Madison, USA menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alkohol 2 – 3 gelas per minggu, memiliki risiko 6% lebih tinggi, mengalami penurunan daya ingat, dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi alkohol atau hanya mengonsumsinya 1 gelas seminggu.

Mengendalikan berat badan

Kelebihan bobot tubuh meningkatkan risiko penurunan memori. Hal ini ternyata disebabkan karena produksi hormon insulin yang cenderung menurun saat bobot tubuh seseorang bertambah. Kesimpulan ini didapatkan para peneliti di Universitas Washington, USA.
Sumber: conectique.com

~ by evisyari on August 6, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: