Kata Kuku Soal kesehatan Anda

Kuku bisa menggambarkan kesehatan umum Anda. Tahukah Anda cara membaca tanda-tanda itu? Mari kita pelajari soal kondisi kuku yang mungkin butuh pengobatan medis. Jika ada masalah pada kuku yang tak juga menghilang, mungkin itu merupakan gejala. Segera pergi ke dokter untuk diperiksa.

Sindrom kuku kuning

Perubahan menjadi kuning pada kuku juga bisa disebabkan penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis atau bentuk pembengkakan di tangan (lymphedema). Ciri kelainan ini adalah kuku menebal, pertumbuhan melambat, dan hasilnya adalah perubahan warna kuku. Kuku yang terkena penyakit ini mungkin kehilangan kutikel dan tumbuh terpisah dari kulit.

Meskipun ini merupakan tanda penyakit pernapasan, mungkin saja kuku kuning Anda tak ada hubungannya dengan penyakit pernapasan. Kuku kuning mungkin juga merupakan hasil dari segala penyakit yang menyebabkan pertumbuhan kuku jadi melambat.

Kuku berlubang

Lekukan-lekukan kecil di kuku merupakan gejala umum pada orang dengan psoriasis, penyakit kulit yang menyebabkan terjadinya potongan-potongan kulit bersisik. Lubang-lubang ini juga bisa merupakan akibat luka pada kuku. Lubang-lubang kuku itu juga menyebabkan kuku jadi remuk.

Lekukan yang menyebabkan kuku kelihatan berlubang-lubang itu terkait dengan kondisi yang dapat merusak kutikel kuku seperti dermatitis kronis di jari atau alopecia aerata, penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut.

Kuku cembung

Ini terjadi ketika ujung jari membesar dan kuku jadi berbentuk cembung ke arah ujung jari. Kondisi ini terjadi sebagai hasil rendahnya kadar oksigen di dalam darah dan bisa merupakan tanda adanya penyakit paru-paru. Kuku cembung juga bisa berarti penyakit perut inflammatory bowel disease, bisa juga berarti penyakit hati.

Kuku sendok

Kuku berbentuk sendok ini merupakan kuku lembek yang kelihatan cekung. Lekukan dalam cekung ini biasanya cukup besar untuk menampung setetes cairan. Kuku sendok bisa merupakan tanda kekurangan zat besi atau anemia.

Terry’s nail

Dikenal sebagai kelainan bernama Terry’s nail. Kuku berwarna buram tetapi ujungnya memiliki warna gelap. Kadang kondisi ini disebabkan oleh penuaan. Bisa juga merupakan tanda penyakit serius seperti gagal jantung kongestif, diabetes, penyakit hati, kurang gizi.

Beau’s lines

Ini adalah lekukan dalam yang melintang di kuku. Ini dapat muncul ketika pertumbuhan di daerah di bawah kutikel diganggu oleh luka atau penyakit serius. Penyakit yang ditandai dengan Beau’s lines adalah diabetes tak terkontrol, penyakit peredaran darah seperti penyakit arteri periferal, penyakit yang terkait demam tinggi, disebabkan oleh pneumonia, cacar atau gondongan, kurang gizi.

Kuku terpisah dari jari

Kondisi ini dinamai onycholysis. Cirinya kuku menjadi longgar dan dapat dipisahkan dengan jari. Ini bisa merupakan tanda penyakit infeksi, tiroid, reaksi obat, reaksi terhadap pengeras kuku atau kuku palsu dari akrilik, psoriasis.
Sumber: Senior

~ by evisyari on August 6, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: