Antivirus Free (Gratis)

PCMAV 1.5 hadir bersamaan Majalah PC Media 08/2008 yang saya beli dua hari yang lalu. Pada rilis kali ini jumlah virus yang dikenali berjumlah 1.985 yang daftar tambahan dan selengkapnya dapat dibaca langsung dalam file readme.txt yang disertakan, termasuk berbagai penambahan, perbaikan dan improvisasi yang dilakukan pada versi terbaru ini.

Masalah kesibukan pekerjaan dan keterbatasan akses internet merupakan sebab mengapa saya belum mengupload dan memberikan link-nya melalui blog ini untuk membantu rekan-rekan yang memang tidak atau kesulitan mendapatkan Majalah PC Media sepanjang itu untuk keperluan pribadi bukan bisnis atau komersial. Hal lainnya adalah saya perlu menuliskan beberapa hal terkait perpaduan PCMAV dengan ClamAV yang dapat Anda baca pada bagian Memadukan PCMAV dengan database virus ClamAV tulisan ini.

Download PCMAV 1.5 (2,3 MB) dari salah satu server berikut :

Ziddu | Rapidshare | Bizhat | Indowebster | JogjaUpload | More..

Anda cukup mendownload dari salah satu link yang disediakan. Jika merasa bermasalah dengan salah satu server, Anda dapat mencoba dengan server lainnya. Untuk permintaan pengiriman file melalui email, mohon maaf, saya tidak dapat mengabulkan.

Update untuk PCMAV 1.5

Jika saat menggunakan PCMAV Anda terhubung ke internet, Anda akan mendapatkan informasi keberadaan update terbaru dari PCMAV. Untuk melakukannya secara manual, file update berikut hanya ditujukan untuk PCMAV 1.5 saja dan tidak dapat digunakan untuk update PCMAV versi sebelumnya atau selanjutnya:

-PCMAV 1.5 Update Build 3: Download

Ekstrak file PCMAV.vdb pada direktori yang sama dengan PCMAV 1.5.

Untuk kehadiran rilis berikutnya, Anda dapat memantau melalui blog ini dalam kategori PCMAV. Anda dapat pula mengikuti perkembangannya dengan cara berlangganan informasi update maseko’s weblog dengan mendaftarkan email Anda pada fasilitas di sidebar sebelah kanan.

Memadukan PCMAV dengan database virus ClamAV

Agar PCMAV 1.5 Final Release yang Anda download dapat mengenali lebih banyak virus atau malware lainnya, Anda dapat memadukannya dengan ClamAV. Panduan untuk melakukannya dapat Anda lihat pada file readme.txt yang disertakan. Untuk mengintegrasikan PCMAV dengan ClamAV menggunakan libaray ClamAV versi 0.93, Anda dapat melakukannya hal yang sama seperti yang telah saya coba, yang dapat Anda baca pada halaman ini.

Mengenai informasi perpaduan PCMAV dengan ClamAV, beberapa orang telah menginformasikan kepada saya mengenai diskusi pada forum Kaskus mengenai kemungkinan PCMAV melanggar lisensi GNU GPL yang diterapkan pada library ClamAV. Jika Anda mempunyai pendapat atau pandangan mengenai masalah ini, dapat membuka thread di Kaskus.us. Saya pribadi, karena kurangnya pengetahuan mengenai masalah bagaimana pemanfaatan ClamAV oleh PCMAV dan juga kurangnya pengetahuan mengenai lisensi hanya dapat menunggu kejelasan yang semoga membawa kebaikan untuk masing-masing pihak.

Terlepas dari adanya pendapat di atas, karena PC Media tidak mendistribusikan PCMAV yang sudah dipadukan dengan ClamAV, dan saya menyadari bahwa saya pun tidak berhak mendistribusikan PCMAV dengan ClamAV seperti yang pernah saya lakukan. Untuk itu, saya tidak lagi menyediakan link file hasil perpaduan PCMAV dengan ClamAV lagi sampai memang distribusi perpaduan keduanya dapat dimungkinkan tanpa melanggar lisensi yang diterapkan masing-masing.

Parameter yang dapat digunakan pada PCMAV 1.5

  • /REGSHELL
    Untuk menampilkan pilihan “Scan with PCMAV” pada saat klik kanan file yang akan di-scan.
  • /UNREGSHELL
    Untuk menghapus pilihan “Scan with PCMAV”.
  • /FORCE
    Mengizinkan PCMAV untuk memaksa membersihkan file yang terinfeksi.
  • /REGCLEAN
    Mencoba mengembalikan registry dan setting “Tools Folder Options” ke kondisi default.
  • /NOMEM
    Tidak perlu scan memory.
  • /NOSTARTUP
    Tidak perlu melakukan scan pada saat startup PCMAV.
  • /NOUPDATE
    Tidak perlu melakukan cek update.

Contoh penggunaan parameter pada PCMAV dapat dilihat pada halaman ini.

Kebutuhan Sistem Minimal

Prosesor Pentium, RAM 64 MB, dan sistem operasi Windows XP (Cleaner+RTP )
dan Non-XP (98, 2000, Vista) untuk Cleaner saja.

Ketentuan Penggunaan

Penyediaan download PCMAV melalui blog ini semata-mata saya maksudkan untuk berbagi file PCMAV dari Majalah PC Media yang saya miliki dan saya lakukan atas nama pribadi, dan sesuai ketentuan penggunaannya, penyediaan download ini saya tujukan untuk pemakaian di komputer pribadi/rumah, lembaga nirlaba atau lembaga pendidikan yang dibiayai oleh negara/lembaga nirlaba. Menanggapi pertanyaan yang pernah masuk, saya informasikan bahwa sejak pertama saya mengupload PCMAV di maseko.com saya telah menginformasikan ke redaksi PC Media, dan PC Media menyatakan tidak masalah.

Dengan mendownload dan menggunakan PCMAV tersebut, berarti Anda mengerti dan setuju dengan segala hal yang diatur dalam ketentuan penggunaan (end-user license) sebagaimana terdapat pada file readme.txt paket PCMAV yang disertakan.

PC Media Antivirus (PCMAV) 1.5
Copyright (c) 2006-2008 Majalah PC Media
A member of Pinpoint Publications

——–

Update Build4 hadir dengan penambahan 12 pengenal varian virus baru. Bagi Anda pengguna PCMAV 1.6 sangat disarankan segera melakukan update, agar PCMAV Anda dapat mengenali dan membasmi virus lebih banyak lagi. Jadi, total virus yang dikenali oleh update Build4 kali ini adalah sebanyak 50 virus.

Untuk mendapatkan dan menggunakan update PCMAV ini, pastikan terlebih dahulu PCMAV RealTime Protector tidak sedang aktif. Jika iya, Anda harus menutup aplikasi tersebut terlebih dahulu. Lalu Anda cukup menjalankan PCMAV Cleaner (PCMAV-CLN.exe), tentunya komputer harus dalam keadaan aktif terhubung ke Internet (non-proxy). Fitur GetUpdates dari PCMAV secara otomatis akan memberikan alamat internet yang aktif di mana Anda bisa men-download file update tersebut. Letakkan file hasil download tersebut (PCMAV.vdb) ke dalam folder di mana PCMAV berada. Jika sebelumnya telah terdapat file update yang lama, Anda cukup menimpanya. Dan nanti saat Anda kembali menjalankan PCMAV, ia sudah dalam keadaan kondisi ter-update.

Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan file update tersebut secara manual, Anda bisa men-download file-nya melalui beberapa alamat ini:

[Download Update Build 4 PCMAV 1.6]

[Mirror]

Virus Autorunme sembunyi pada folder Recycle Bin yang dibuatnya.

Autorunme. Virus yang bukan produksi programer lokal ini memiliki ukuran sebesar 26.835 bytes, dan diperkirakan di-pack menggunakan PECompact. Ia tidak memiliki icon, hanya menggunakan icon standar applications dari Windows. Saat menginfeksi, ia mencoba untuk menanamkan file induknya pada direktori C:\Windows\System dengan nama msvc32s.exe dan dengan attribut hidden dan system, serta membuat autorun baru di registry dengan nama “Windows msvc Control Centers”. Virus yang dapat menyebar melalui media penyimpan data seperti flash disk ini juga dapat menyebar melalui Instant Messaging. Pada flash disk, ia akan membuat folder tiruan Recycle Bin yang berisi file dengan nama autorunme.exe, lalu mengarahkan autorun.inf untuk menjalankan file virus tersebut. Jadi, saat user mencolokan flash disk tersebut lalu mengakses drivenya, virus tersebut akan aktif.

Daftar tambahan virus PCMAV 1.6 Update Build4:
Aikom
Aikom.txt
Autoit.BL
Autoit.BM
Autoit.BN
Autoit.BO
Autoit.BP
Autorunme
Autorunme.inf
BlackHole
BlackHole.exe.A
BlackHole.exe.B
BlackHole.inf
BlackHole.txt.A
BlackHole.txt.B
BlackHole.txt.C
DeathRipper
DeathRipper.bat
DeathRipper.txt
Gen.BVCK-Bugi.bat.A
Gen.BVCK-Bugi.bat.B
Gen.BVCK-Bugi.inf
Gen.BVCK-Bugi.ini
Gen.BVCK-Bugi.sys
Gen.BVCK-Bugi.vbs
Gen.TLabs.A
Gen.TLabs.A.exe
Gen.TLabs.B
Gen.TLabs.B.exe
Gen.TLabs.C
Gen.TLabs.C.vbs
Gover.B.url
Gover.B.vbs
Gutbai
HelloBaby
HelloBaby.exe
HelloBaby.inf
Naruto.vbs
Naruto.vbs.inf
Perjaka
Perjaka.ini
Perjaka.txt
Plaige
Pria
RontokBrow.J
SlowButSure.vbs.E
VirGear.B
VirGear.C
Windx-Maxtrox
Zifoe.B

NORTON ANTIVIRUS 2009

Dua software security dari Symantec, Norton Internet Security (NIS) dan Norton AntiVirus (NAV) versi 16 sudah memasuki tahap Beta yaitu Norton Internet Security 2009 and Norton AntiVirus 2009. Dalam versi ini, dinyatakan dikembangkan menggunakan arsitektur baru yang akan mengurangi boot time, scan time, dan juga mengurangi konsumsi memori. Adanya fitur silent mode yang ditambahkan, akan memungkinkan untuk menonaktifkan pesan-pesan yang bertujuan menginformasikan adanya masalah tetapi terkadang akan menganggu jika pesan-pesan ini muncul di saat menjalankan program-program tertentu seperti game.

Berharap adanya umpan balik terkait dua software yang sedang dikembangkan ini, Symantec sudah menyediakannya untuk dapat didownload dan digunakan.

Untuk mendownload dan mendapat product key Norton Internet Security 2009, dapat dimulai dengan mengakses halaman Norton Internet Security 2009 Beta dan mengisi

informasi negara dan alamat email. Selanjutnya klik tombol download atau langsung melalui alamat ini, sementara itu product key akan dikirimkan melalui alamat email. Sama halnya dengan Norton AntiVirus 2009 Beta, hanya saja akses pengisian form dilakukan di halaman Norton AntiVirus 2009 Beta dan download melalui alamat ini.

Namun sayangnya kedua file installer tersebut ukurannya cukup besar yaitu sekitar 50 MB, dan hanya disediakan pada FTP server yang bagi sebagian pengguna tidak memungkinkan melakukan download melalui protokol tersebut. Tadi saya melakukan remote upload kedua file installer tersebut ke Rapidshare yang masing-masing dapat diakses melalui alamat berikut, yang bagi pengguna account premium Rapidshare akan memudahkan untuk mendownloadnya.

Download: Norton Internet Security 2009 Beta | Norton AntiVirus 2009 Beta

http://maseko.com

Ini adalah versi antivirus ANSAV terakhir (1.9.3) yang ditampilkan berbentuk installer. Installer ini telah dimuat beberapa plugin yg bisa kita pilih secara manual pada saat proses installasi.

Silakan dicoba.

Proses installasi Antivirus Ansav

Memilih plugin yang diperlukan

Setelah terinstall kita bisa melihat apa saja plugin yg telah terpasang

Download

Link by ziddu.com

Link by electronicfiles.net

Link by fileden.com

Link by 4shared.com

Link by divshare.com

Download Update Ansav V.2.0 (Beta)

Image

Gambar 1

Bagi anda pengguna Antivirus Ansav versi 2.0 Beta tentunya mengupdate adalah keharusan. Sebab dengan update ini Ansav akan lebih banyak lagi mendeteksi virus yang sedang menyebar.

virus)

Ada dua cara ketika Anda mengupdate Ansav:

  • Secara Online (artinya: komputer anda terhubung ke internet). Anda cukup menekan button update (lihat Gambar 1). Kemudian akan muncul menu seperti gambar 2. Pilih Online (via Internet)
Image

Gambar 2

  • Secara Offline. Anda bisa download file update di AREA DOWNLOAD di bawah. File dalam bentuk .zip, silakan anda extract dan letakkan satu folder dengan ansav.exe. Atau dengan cara Anda cukup menekan button update (lihat Gambar 1). Kemudian akan muncul menu seperti gambar 2. Pilih Online (local media) kemudian pilih file yang telaha anda extract.

AREA DOWNLOAD:

Sumber : http://akhdian.wordpress.com

KALAU PENGEN UPDATE DISINI TEMPATNYA

1. Mcafee Antivirus

Update ini hanya berlaku untuk Mcafee Virusscan Small & Medium Business dan Enterprise. Untuk Home dan Home office download update harus secara online melalui program antivirusnya.

http://www.mcafee.com

2. Symantec Antivirus

Update ini berlaku untuk produk Norton AntiVirus for Windows 2000/XP/Vista, Symantec Endpoint Protection, Symantec AntiVirus Corporate Edition, Symantec Web Security, Symantec AntiVirus Scan Engine, Symantec AntiVirus for Gateways, Symantec AntiVirus/Filtering for Domino, Symantec Mail Security for Domino, Norton AntiVirus for Exchange, Symantec Mail Security for Exchange, Norton AntiVirus for Macintosh, Symantec AntiVirus for Macintosh, Symantec AntiVirus for Palm OS, Symantec AntiVirus for Handhelds

http://www.symantec.com

3. Avast Antivirus

Update avast! 4.x VPS dapat digunakan untuk avast antivirus, berhubung tidak pernah memakai, kemungkinan update ini untuk avast antivirus versi windows.

http://www.avast.com

4. Kaspersky Antivirus

Update Kaspersky  antivirus databases in zip-archives, untuk produk Kaspersky antivirus 7.0 products, 6.0 products, 5.0 products.

http://www.kaspersky.com

5. AVG Free Antivirus

Untuk versi AVG Free 8.0 gunakan link dibawah ini:

http://free.avg.com

Untuk versi AVG 7.5 gunakan link dibawah ini

http://free.avg.com

6. Antivir avira Antivirus

Update for: Unicode-aware Products of Avira Antivir Windows Professional, Avira AntiVir Premium, Avira Premium Security Suite and Avira AntiVir Personal – Free Antivirus on Windows XP, 2000 and Windows Vista dan untuk For such cases Avira provides untested, so called Beta-VDFs and Beta-Engine versions for downloading.

http://www.avira.com

7. Trend Micro Antivirus

Trend Micro Pattern Files, berisi Trend Micro offers various types of Pattern Files to protect customers from Malware, Spyware/Grayware, and other threats, Virus Pattern Files / Cleanup Template, Spyware Pattern Files / Cleanup Templates, Spyware Pattern Files for the new SSAPI Anti-Spyware Engine, Network Virus Pattern, Vulnerability Assessment (VA) Pattern, Trend Micro Mobile Security Patterns, Consumer Pattern File, Wireless Pattern.

http://www.trendmicro.com

8. Panda Antivirus

If you want the most recent Virus Signature File, click on the following link, namun pake username ama password. gw juga gga tau user ama passwdnya ape.

http://www.pandasecurity.com

9. PCMAV – PC Media Antivirus

PCMAV atau PC Media Antivirus ini adalah buatan Majalah PCMedia, versinya diupdate setiap bulan, setiap majalahnya keluar, namun untuk Update Buildnya, diupdate setiap beberapa kali dalam satu bulan secara online. Anda dapat mendownloadnya diblog gw ini.

http://makhrus.jagakarsa.ac.id/tag/pcmav/

10. NOD32 Antivirus

Untuk yang satu ini, untuk update definitionnya agak sedikit ribet, soalnya NOD32 tidak menyediakan secara cuma-cuma. Tapi komunitas internet banyak yang menyediakannya (mirror update). kamu bisa download updatenya disini:

http://ved.metroland.ru

atau bisa mencari informasi tentang cara update dan tempat download disini:
http://c1p1.wordpress.com

11. F-Secure Anti-Virus

Update ini untuk F-Secure Anti-Virus Client Security, F-Secure Anti-Virus for Workstations, F-Secure Anti-Virus 200x, F-Secure Internet Security 200x, Centrally administrated F-Secure Anti-Virus products using F-Secure Policy Manager 5.x., F-Secure Anti-Virus products for Windows, F-Secure Anti-Virus for DOS

http://www.f-secure.com

12. Sophos Anti-Virus

update virus identity (IDE) files untuk SAV version 200809 (4.33), IDEs for SAV version 200808 (4.32), IDEs for SAV version 200807 (4.31) disini:

http://www.sophos.com

13. Norman Antivirus

Sebenarnya norman tidak menyediakan update secara offline namun, jika anda ingin mendapatkannya untuk mengupdate komputer yang tidak online di internet bisa mengikuti triknya di alamat ini:

http://www.sekuritionline.net

14. Clam Anti Virus

Untuk update Clamav dapat langsung download file main.cvd dan daily.cvd di situs resminya disini:

http://clamav.net/

Mungkin cukup itu aja untuk antivirusnya. kalo ada yang lain, akan diupdate dilain waktu. C U.

~ by evisyari on August 14, 2008.

One Response to “Antivirus Free (Gratis)”

  1. http://jgrtyjp.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: