AlQuran Digital di Linux

Flash QuranAl Quran digital, alquran dalam bentuk perangkat lunak, mungkin sering kita jumpai. Bahkan di Windows ada The Holy Quran sorfware dari Sakr yang sangat interaktif.

Namun bagaimana dengan lingkungan linux ? Di Lingkungan linux kita bisa menggunakan AlQuran digital yang multi platform seperti format HTML atau CHM yang tekompilasi. Di lingkungan Linux, saya mempunyai koleksi antara lain :

1. Alquran digital dalam bentuk CHM yang saya unduh di http://opensource-indonesia.com/ Format ini juga yang sering saya jumpai di banyak komputer teman-teman saya. Ukurannya kecil (9 MB). Index dan search juga berfungsi dengan sangat baik. Dengan aplikasi ini kita sudah bisa mencari berbagai topik dengan mudah. Font Arabnya yang menggunakan image membuat dia tidak bermasalah meskipun kekurangannya dia tidak bisa dibesarkan atau dikecilkan semau kita. Bentuk aplikasi ini juga kurang cocok digunakan untuk tilawah karena hanya menampilkan satu ayat perhalaman, sehingga anda akan capek ngeklik untuk tilawah. Namun untuk mempelajari kandungan AlQuran, aplikasi ini sudah cukup mudah.

2. Alquran berformat HTML yang diberi juudul “Belajar Bahasa AlQuran Metode Belajar Aktif Lewat Intra/Internet”. Panjang sekali ya ? Ini Alquran luar biasa, dia terjemahkan ke Bahasa Indonesia perkata. Dia potong gambar huruf arabnya dan disususn perkata. Luar biasa. Tidak bisa saya bayangkan. Jika gambar disentuh kursor, maka dia akan mengeluarkan artinya. Dan jika yang disentuh angka ayatnya maka akan keluar terjemahan satu ayat. Namun sayangnya sentuhan kursor itu menggunakan sintak “alt” pada HTML, bukan sintak “title”. Ini menyebabkan artinya tidak bisa keluar di browser selain IE. Saya mencoba mereplace alt dengan title, namun yang menjadi masalah adalah title pada firefox memotong kata yang teramat panjang. Mungkn harus menggunakan regex dan mengubahnya ke format lain dengan menggunakan javascript.

Saya minta maaf kepada pengelola karena software ini saya dapatkan dengan mengegrab situsnya di http://www.dinkes-diy.org/quran/index.htm

3. Zekr. Ini aplikasi quran di linux yang fungsinya seperti nomor satu. Karena ini adalah aplikasi maka sangat powerfull. Namun ini adalah aplikasi koleksi saya yang jarang saya gunakan karena aplikasi berbasis java ini berat.

4. Quran Flash. Saya mengunduhnya dari http://quranflash.com/en/index.html. Ini adalah alquran yang dibuat dalam bentu Flash. Bentuknya sperti Quran terbitan beirut, dengan halaman yang sama. Dilengkapi dengan tanda tajwid. Sayangnya flashnya dikompilasi dalam bentuk exe. Namun setelah saya jalankan dengan wine, berjalan secara sempurna. Format ini cocok untik tilawah. Bisa anda download melalui alamat http://quranflash.com/en/downloads/index.html

Dalam Info Linux edisi 10/2007 saya jumpai distro Quran Web live CD yang katanya aplikasi qurannya diambil dari myquran.com. Namun karena yang saya beli edisi ekonomis, maka saya tidak mendapatkan distronya. Namun sebenarnya saya tidak butuh distronya, saya hanya butuh aplikasinya. Kalau nanti dapat akan saya kopi aplikasinya, dan akan saya kustomisasi sendiri sesuai dengan kebutuhan saya.

~ by evisyari on August 30, 2008.

3 Responses to “AlQuran Digital di Linux”

  1. tak copy we……

  2. tp bagaimana cara meng install nya saya tidak bisa menginstall nya , pada saya ingin sekali membaca di komputer saya linuk suse

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Perkenankan saya untuk ikut berbagi perihal Digital Qur’an v3, sebuah aplikasi Windows buatan Bpk. Sony Sugema yang menampilkan ayat dalam bahasa Arab, terjemahan dalam bahasa Indonesia/Inggris, sekaligus suara pembacaan dari ayat yang dimaksud.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih.

    Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: