Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang dibuat dengan desain praktis agar Anda dapat mengakses Web dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

DOWNLOAD GOOGLE CHROME

Berikut adalah Review yang saya ambil dari http://kecebongsoft.wordpress.com

Desain UI, Skin
Untuk skin, Chrome mengambil tema biru. Anehnya ada 2, yang pertama adalah skin bukan hal yang biasa di web browser, sebut saja Firefox, Opera, IE, dll.. rata-rata tampilannya inherit dengan OSnya (Terkecuali Opera yang bisa di set skin). Yang kedua, skin ini bener-bener nggak chrome, nggak seperti namanya (Chrome) . Rasanya agak “lain” aja pakai browser yang punya skin, terlebih lagi nggak bisa di set ke tampilan normal (inherit ke Windows). Tapi karena skinnya juga lumayan “clean”, jadi saya nggak terlalu risih makenya.

Kemudian disini juga menu bar nggak ditampilkan, dan bookmarks bar nggak ditampilkan secara default. Untuk mengakses menu, ada 2 tombol disebelah kanan address bar yang bisa digunakan untuk mengakses page properties, options, help, dsb. Tab untuk tiap page diletakan di atas addressbar. Status bar juga hanya muncul saat halaman sedang di load, setelah complete, statusbar akan hilang sendiri. Status bar juga muncul saat kita meletakan mouse diatas sebuah link. Hilang dan munculnya statusbar diiringi dengan animasi fade in/out.

Ringan
Pertama kali dibuka, chrome nyaris nggak kerasa bebannya di resource CPU. Disini saya pakai Acer Aspire 4720 (Silahkan liat spek lengkapnya di internet). Kalau saya bilang, browser ini yang paling ringan yang pernah saya pakai. Sudah coba buka tab sampai 20an, masih oke.

Space Lega
Ini yang paling kerasa. Menu bar dan bookmark bar lenyap (juga statusbar yang auto hide), jadi bisa dibayangin ada ruang ekstra untuk melihat page yang sedang kita buka. Jadi lebih kerasa nyamannya browsing dengan Chrome.

Intuitif
Pertama kali dibuka, Chrome akan mengkonfirmasi apakah kita mau ngimport data-data di browser lain seperti Firefox, IE, dll. Address bar dibuat mirip dengan Firefox 3, punya caption dan url search, jadi cukup mengetikan URL atau title dari sebuah page, kita akan diberi list URL yang relevan, hanya saja awal-awal proses penampilannya terasa lebih lambat dibanding Firefox 3, tapi setelah dibiarkan beberapa menit, sudah sama cepatnya dengan Firefox 3. Di Chrome, address bar juga berfungsi sebagai search box, dalam artian jika kita mengetik sebuah keyword (bukan URL), maka akan langsung berpindah ke halaman search (defaultnya adalah Google Search). Juga, setiap page yang kita buka akan masuk ke halaman Most Viewed (halaman yang muncul saat membuka tab baru). Cukup intuitif.

Kemudian hebatnya lagi, saya bisa mendetach salah satu tab ke window baru hanya dengan menggeser tab tersebut menggunakan mouse, saya juga bisa mengattach tab dari satu window ke window lain dengan menggeser tab yang saya inginkan ke window lain menggunakan mouse.

Zoom
Proses zoom in/out bisa dibilang lebih cepat dari Firefox. Tapi Chrome saat ini hanya bisa melakukan zoom pada teks saja, image dan objek lainnya akan tetap pada dimensi aslinya. Well, mengingat ini produk BETA jadi masih bisa dimaklumi.

Bookmarks
Secara default, Bookmarks Bar tidak ditampilkan, kita bisa mengesetnya di tombol Costumize yang ada di sebelah kanan address bar. Proses bookmarks pun cukup mudah, meskipun awalnya saya ketipu karena menggeser tab ke bookmarks bar malah membuat tab tersebut ter-detach ke window lain. Untuk membookmark sebuah page, cukup tekan tombol bookmark (simbol bintang) di sebelah kiri address bar. Untuk halaman-halaman yang sudah di bookmark, simbol bintang tersebut akan berubah warna menjadi kuning dan saat diklik kita bisa mengedit bookmark tersebut.

Most Visited Pages
Saat membuat tab baru, kita disediakan halaman-halaman yang sering kita kunjungi, sehingga nggak perlu lagi mengetik address di URL. Sebenarnya konsep ini sudah lebih dulu dibawa oleh Opera, hanya saja di Opera kita harus membuat entry-entry-nya secara manual (atau bisa diset otomatis? mungkin). Disitu juga ada fasilitas untuk pencarian pada history dan menampilkan bookmarks yang terbaru (sehingga nggak perlu lagi menampilkan bookmarks bar).

Incognito Window
Incognito adalah salah satu fitur yang menyediakan safe search. Dengan incognito, kita bisa browsing lebih aman, dalam artian semua history, cookie, cache dan lain sebagainya akan segera dibersihkan setelah window incognito ditutup. Untuk browsing menggunakan fitur incognito ini, klik tombol Control yang ada disebelah address bar lalu pilih New Incognito Window atau tekan Ctrl+Shift+N.

Inspect Element
Ini barang baru nih, coba klik kanan disalah satu page dan pilih Inspect Element, maka kita akan bisa “ngebrowse” script html dan resource-resource page yang sedang kita buka. Tampilannya dibuat seperti Treeview. Disini kita bisa melihat semua elemen HTML, Javascript dan CSS dengan sangat terstruktur, tiap line (seperti CSS) bisa diklik dan akan langsung berpindah ke script aslinya. Setiap induk elemen juga bisa kita klik dan elemen yang bersangkutan di page kita akan berubah warna menjadi kuning semi transparan. Disini juga ada fitur-fitur tambahan seperti console, dock to window, dll. Overall ini fitur yang sangat berguna terutama untuk web developer/desainer.

Tampilan Inspect Element

Tampilan Inspect Element

Source Viewer
Seperti source viewer di browser lainnya, Chrome juga punya source viewer yang rapi, setiap file yang berhubungan (css, js, image, dll) juga akan dirubah menjadi link agar kita tidak perlu repot menselect file pathnya.

Pencarian Teks (Updated)
Pencarian teks di Chrome cukup nyaman, saat kita mengetikan keyword, maka Chrome langsung mencari semua teks yang relevan, dan menandainya dengan warna kuning transparan. Di beberapa bagian scrollbar Chrome juga akan ditandai dengan warna kuning yang berarti teks yang relevan ada di posisi scrollbar tersebut. Find prev/next keyword juga mudah karena ada tombol up/down disebelah kolom keyword. Kita tetap bisa menggunakan shortcut F3 untuk find prev/next.

Download (Update)
Mendownload file di Chrome terasa sekali nyaman dan mudahnya. Pertama karena dia tidak membuka window/tab baru seperti di Firefox/Opera. Chrome hanya menampilkan informasi file yang sedang di download pada status bar. Kita juga bisa melihat informasi yang lebih detail dengan mengklik tombol Show All Downloads yang ada disebelah kanan statusbar (saat download berjalan).Seperti Firefox, Chrome juga merename file-file yang punya nama sama. Kita bisa mengatur path destinasi download di bagian Options. Sayangnya Chrome tidak menampilkan informasi download speed, jadi saya blum bisa pastikan secepat apa download menggunakan Chrome. Tapi sejauh ini terasa cepat dan tidak ada masalah.

Update pada Download
Saat kita mendownload file, tab yang sedang aktif akan menampilkan icon download, yang berarti file yang kita download berasal dari tab tersebut. Kemudian saya coba menutup tab tersebut, dan ternyata download statusnya (di status bar) hilang. Saya pikir file yang saya download juga ikut hilang, kemudian saya tekan Ctrl+J atau pilih Customize->Downloads. Ternyata file yang saya download masih ada. Hanya saja saya tidak bisa menampilkannya kembali ke status bar. Well, keadaan seperti ini saya rasa akan membingungkan pemula, karena mereka akan berfikir bahwa file yang mereka download ikut hilang saat tabnya ditutup. Semoga ini akan difix oleh Google.

Bug?
Sampai saat ini saya baru ketemu satu bug. Saat nulis postingan ini, saya sempat nyoba ngosongin kolom Post nya (yang berbentuk textarea), kemudian saya tekan backspace. Harusnya tidak ada efek karena fokus kursor saya sedang berada di textarea, tapi yang terjadi malah Chrome kembali ke halaman sebelumnya. Saat saya coba menggunakan textarea yang lain seperti textarea pada halaman Compose yahoo mail, hal ini tidak terjadi. Well, kita maklumin saja karena Chrome sendiri masih Beta.

Overall, Chrome adalah browser yang ringan, cepat, intuitif. Relatif mudah untuk dipelajari/digunakan. 2 menit awal saat saya mencoba browser ini saja, saya sudah bisa beradaptasi dengan cepat.

Tertarik Download disini

~ by evisyari on September 11, 2008.

2 Responses to “Google Chrome”

  1. kalo mau cari skin google chrome
    http://indosoftwarez.wordpress.com

  2. Salam kenal mas. Thank U yha.
    By http://weweneridwan.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: