Intel Perkenalkan Prosesor Atom

JAKARTA – Intel memperkenalkan prosesor terkecil dengan konsumsi energi terendah ke Indonesia. Prosesor terbaru dari Intel ini bernama Atom.

Dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (28/8/2008), Country Manager Intel untuk Indonesia Budi Wahyu Jati memaparkan bahwa prosesor ini di desain sedemikian rupa sehingga berbeda dari prosesor lain. Yang membuat beda adalah diperkuatnya prosesor ini dengan 47 transistor dalam satu chip yang berukuran kurang dari 26 mm persegi.

Prosesor atom yang pertama kali diluncurkan pada acara Computex di Taiwan 3 Juni lalu ini diklaim oleh Intel sebagai prosesor terkecil, dibuat dengan teknologi baru yang disebut Hafnium Infused 45 nanometer high-k silicon, yang disingkat dengan sebutan teknologi 45 nanometer.

Selain terkecil dalam ukuran, Atom juga diklaim kecil dalam mengonsumsi daya. yaitu membutuhkan daya kurang dari 1 watt sampai 2,5 watt. sehingga cocok untuk perangkat mobile karena akan hemat baterai.

Sebelum Atom diluncurkan, Intel mengumumkan dua prosesor baru dengan nama kode Silverthorne (Atom Z) dan Diamondville (Atom N). prosesor yang pertama dibuat untuk perangkat UMPC yaitu ultra-mobile PC. sedang prosesor kedua dibuat untuk netbook atau notebook kelas hemat. (srn)

Sumber : http://techno.okezone.com

~ by evisyari on September 14, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: