Wewangian Membantu Mimpi Indah

Banyak orang yang merasa lebih bersemangat di pagi hari setelah bangun dari tidur yang dihiasi mimpi indah. Bila Anda ingin setiap hari mengalaminya, mungkin trik berikut ini layak dicoba. Sebarkan kuntum mawar yang harum di atas tempat tidur atau semprotkan wewangian di kamar, lalu pejamkan mata Anda. Menurut penelitian, keharuman mawar yang lamat-lamat tercium dari hidung bisa membuat bunga tidur kita indah.

Hal tersebut dilaporkan oleh para peneliti dari Jerman dalam pertemuan American Academy of Otolarayngology. Sebanyak 15 responden yang diminta tidur di ruangan yang harum mengaku mengalami mimpi indah. Sebaliknya saat mereka tidur sambil mencium bau telur busuk, mimpi indah itu pun lenyap.

“Sangat mungkin indra penciuman yang merasakan bau harum bisa menstimulasi seseorang mengalami mimpi yang menyenangkan,” kata Profesor Boris Stuck, dari University Hospital Mannheim, Jerman.

Dalam riset tersebut, setelah tidur para responden memasuki fase REM (Rapid Eye Movement), yaitu fase di mana biasanya mimpi baru terjadi, udara di ruangan tersebut diberi keharuman dalam dosis tinggi selama 10 detik sebelum para responden dibangunkan 10 menit kemudian.

Para responden wanita mengatakan mereka nyaris tidak pernah mimpi membaui sesuatu. Meski demikian, emosi yang kita rasakan dari mimpi sebenarnya memang tergantung pada rangsangan. Sebuah penelitian juga telah menunjukkan rangsangan tertentu, seperti suara, tekanan, atau getaran, bisa memengaruhi isi dan emosi dari mimpi seseorang.

“Hidung adalah satu-satunya indera penciuman yang tidak pernah beristirahat,” kata Profesor Tim Jacob, ahli penciuman dan perasa dari Universitas Cardiff. Menurutnya, informasi yang didapat dari hidung akan diteruskan ke sistem limbik di otak, termasuk hippocampus atau area ingatan dan amygdala, yang berkaitan dengan reaksi emosi seseorang.
AN
Sumber : BBC

~ by evisyari on September 28, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: