Bedah Surah Al-Nashr (pertolongan)

Surah ini turun menjelang akhir perjalanan hidup Nabi SAW. Surah ini mengisyaratkan, sebagaimana yang dipahami sahabat terdekat Nabi, bahwa saat-saat perpisahan dengan kekasih yang dicintai sudah dekat.

  1. (Apabila telah datang pertolongan Allah) kepada Nabi-Nya atas musuh-musuhnya (dan kemenangan) yakni kemenangan atas kota Mekah.
  2. (Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah) yaitu agama Islam (dengan berbondong-bondong) atau secara berkelompok, yang pada sebelumnya hanya secara satu persatu. Hal tersebut terjadi sesudah kemenangan atas kota Mekah, lalu orang-orang Arab dari semua kawasan datang kepada Nabi saw. dalam keadaan taat untuk masuk Islam.
  3. (Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu) artinya bertasbihlah seraya memuji-Nya (dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima tobat) sesungguhnya Nabi saw. sesudah surah ini diturunkan, beliau selalu memperbanyak bacaan: Subhaanallaah Wa Bihamdihi, Astaghfirullaaha Wa Atuubu Ilaihi, yang artinya: “Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya, aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya.” Dengan turunnya surah ini dapat diketahui bahwa saat ajalnya telah dekat. Peristiwa penaklukan kota Mekah itu terjadi pada bulan Ramadan tahun delapan Hijriah, dan beliau wafat pada bulan Rabiulawal, tahun sepuluh Hijriah.

Nabi Muhammad telah menunaikan misinya dengan baik, yaitu menghilangkan syirik, khurafat, dan takhyul yang dikaitkan dengan keyakinan religious. Ia berhasil menyebarkan risalah Allah dan meninggikan kalimat-Nya. Nabi merasakan kelelahan yang tidak pernah dialami seorangpun. Dia bertahajud hingga kedua telapak kakinya bengkak. Dia tidak merasakannya karena larut dalam munajat. Dia telah menyembah Tuhannya dengan ketundukan yang mutlak dan tulus; ia berjuang gagah berani demi umatnya hingga tubuhnya terluka; ia menjauhkan kesulitan untuk manusia. Satu-satunya yang ia khawatirkan adalah murka Allah. Kendati menghadapi tekanan, penindasan, dan hidup dalam kesengsaraan, Nabi SAW, tetap kukuh mempertahankan keyakinannya.

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana seandainya beliau berumur lebih panjang sehingga dapat menikmati kemenangan yang beliau capai? Saya jawab, orang yang menikmati kemenangan hanyalah orang yang menikmati kemenangan hanyalah orang yang mencari kejayaan dunia. Jauh berbeda dengan para penguasa dunia, di akhir usianya Nabi SAW hidup dalam kekurangan. Di saat-saat terakhir hidup, ia masih berutang kepada seorang pedagang Yahudi yang meminta jaminan unuk memenuhi kebutuhan makan keluarga. Padahal, ketika itu Nabi SAW tengah berada di puncak kekuasaan dan kejayaannya. Semua kekuatan tunduk di hadapan pasukannya; perbatasan Romawi berada di depan mata, dan semua wilayah Yahudi telah tunduk dibaawah kuasanya. Seandainya Rasulullah meminta seorang pengikutnya yang kaya raya untuk membelikan bahan makanan yang dibutuhkannya, niscaya orang itu menilai titah itu sebagai kehormatan bagi dirinya.

Namun, Rasulullah tidak melakukan melakukannya. Dia berkata kepada pedagang Yahudi, “Aku orang  terpercaya di dunia dan akhirat. Ambillah jaminan yang kamu inginkan. Akhirnya, Nabi memberikan baju besinya. Ketika Nabi meninggal, baju itu masih tergadai pada pedagang Yahudi tersebut.

Apa yang diperoleh Muhammad dari dunia manusia?

Kemudian, wahyu dating menawarkan pilihan kepadanya: Tetap di dunia atau berjumpa Allah. Dia menjawab, “Tuhan Yang Maha Tinggi”

Muhammad berjumpa dengan Tuhannya dan hidup penuh kenikmatan di sisi-Nya. Ia meninggalkan dunia fana untuk bergabung bersama para rasul terdahulu dan para malaikat yang di dekatkan (kepada Allah).

Di tempat yang disenangi di sisi (Tuhan) yang Mahakuasa (Al- Qamar:55)

Sumber:

  1. Tafsir Jalalain
  2. Terjemahan Depag
  3. Nahw Tafsir Mawdhu`I Li Suwar Al-Qur`an Al-Karim, Muhammad Al-Ghazali

~ by evisyari on July 28, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: